Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringatkan Korea Utara Terkait Konsekuensi Percobaan Nuklir


Fasilitas Nuklir Korea Utara (foto: dok).

Fasilitas Nuklir Korea Utara (foto: dok).

Media pemerintah Tiongkok mengatakan Beijing tidak akan dapat melindungi Korea Utara terhadap konsekuensi diplomatik kalau Korea Utara melakukan percobaan nuklir yang ketiga.

Peringatan itu muncul hari Kamis dalam tajuk rencana harian Global Times, yang berhubungan dengan Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa. Artikel itu mengemukakan desas-desus yang meningkat bahwa Pyongyang sedang bersiap-siap melakukan percobaan nuklir bawah tanah, yang akan menjadi ketiga kalinya sejak tahun 2006.

Beijing dengan kuat menentang setiap percobaan tersebut. Apabila kalau Korea Utara tetap akan melakukannya, Tiongkok tidak bersedia membantu Korea Utara untuk menghindari berbagai akibat diplomatiknya.

Dewan Keamanan PBB sudah memperingatkan bahwa Dewan itu akan bertindak dengan sepantasnya terhadap setiap provokasi Pyongyang.

Korea Selatan bulan ini memperlihatkan foto-foto pengintaian melalui satelit yang menunjukkan kegiatan baru di lokasi dua percobaan nuklir sebelumnya di Korea Utara.

Kecurigaan berlanjutnya percobaan nuklir Korea Utara terus meningkat setelah upaya negara meluncurkan roket tersebut berakhir dengan kegagalan tanggal 13 April yang lalu.
XS
SM
MD
LG