Tautan-tautan Akses

Tiongkok, Jepang, Korsel Bahas Peluncuran Roket Korut


Pasukan Bela Diri Jepang menyiapkan misil penangkis Patriot di Tokyo (7/4), untuk mengantisipasi peluncuran roket Korea Utara.

Pasukan Bela Diri Jepang menyiapkan misil penangkis Patriot di Tokyo (7/4), untuk mengantisipasi peluncuran roket Korea Utara.

Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan terus mendesak Korea Utara agar membatalkan rencananya meluncurkan roket yang dijadwalkan paling cepat minggu depan.

Para menteri luar negeri ketiga negara Asia itu hari Sabtu bertemu di kota pelabuhan Ningbo di Tiongkok untuk membahas rencana Korea Utara dan berbagai isu regional lainnya.

Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Genba dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kim Sung Hwan sepakat bahwa peluncuran oleh Korea Utara yang direncanakan pertengahan April jelas merupakan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB.

Jurubicara kementrian luar negeri Tiongkok, Qin Gang, mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa Tiongkok meminta semua pihak tenang dalam menanggapi peluncuran itu.

Jepang, Korea Selatan dan Amerika percaya rencana peluncuran itu adalah kedok untuk menguji kemampuan misil balistik, yang merupakan pelanggaran resolusi PBB. Jurubicara kementrian luar negeri Jepang, Yutaka Yokoi, mengatakan negaranya bersiap untuk kemungkinan ada puing-puing sisa peluncuran yang jatuh ke wilayahnya.

Media resmi Korea Utara hari Sabtu melaporkan bahwa wartawan-wartawan asing telah berdatangan di Pyongyang untuk meliput peluncuran itu.
XS
SM
MD
LG