Tautan-tautan Akses

Tiongkok: AS Lindungi Pembangkang yang Hilang


Aktivis tunanetra Chen Guangcheng terlihat dalam vudeo yang diposting tanggal 27 April oleh situs berita dari luar Tiongkok 'Boxun.com' (27/4).

Aktivis tunanetra Chen Guangcheng terlihat dalam vudeo yang diposting tanggal 27 April oleh situs berita dari luar Tiongkok 'Boxun.com' (27/4).

Menurut kelompok HAM Tiongkok, pembangkang buta Chen Guangcheng berada di bawah perlindungan Amerika Serikat dan berada dalam kondisi aman.

Sebuah kelompok HAM Tiongkok berbasis di Amerika mengatakan, pembangkang buta Chen Guangcheng berada di bawah perlindungan Amerika dan pembicaraan sedang berlangsung antara pejabat Amerika dan Tiongkok.

Kelompok ChinaAid merilis sebuah pernyataan Sabtu yang mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Chen, meskipun sedikit sekali rinciannya. Ketua ChinaAid Bob Fu, seorang mantan aktivis Tiennamen, mengatakan isu Chen merupakan “sebuah momen penting dalam diplomasi HAM Amerika.”

Jumat, ChinaAid mengatakan Chen sudah aman dan berada di sebuah lokasi yang jauh dari desa tempat tinggalnya.

Juga Jumat, Amerika mengungkapkan keprihatinan dengan nasib Chen, tetapi menolak mengomentari keberadaannya, ditengah-tengah laporan bahwa ia melarikan diri ke Kedutaan Besar Amerika di Beijing.

Chen, seorang pengacara dan aktivis, ditangkap setelah mendokumentasikan pelanggaran-pelanggaran terhadap kebijakan Tiongkok yang membatasi besarnya keluarga. Ia menghilang Minggu dari Dongshigu di provinsi Shandong, meskipun penguasa tidak sadar bahwa ia menghilang sampai Kamis.

Tidka jelas ke mana ia pergi, tetapi teman dan sesama aktivis, Hu Jia mengatakan, Jumat, ia merasa bahwa Chen telah diijinkan masuk ke kedutaan.
XS
SM
MD
LG