Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tuntut Mantan Kepala Polisi yang Ungkap Skandal Bo-Xilai


Wang Lijun, mantan kepala polisi kota Chongqing yang mengungkap skandal Partai Komunis. (Foto: Dok)

Wang Lijun, mantan kepala polisi kota Chongqing yang mengungkap skandal Partai Komunis. (Foto: Dok)

Tim jaksa di Chengdu mengajukan dakwaan kepada mantan kepala polisi yang mengungkapkan skandal besar yang melibatkan Partai Komunis.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan seorang mantan kepala polisi yang mengungkapkan rincian sebuah skandal besar yang melibatkan Partai Komunis telah didakwa berusaha membelot, menyalahgunakan kekuasaan dan menerima uang suap.

Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, mengatakan tim jaksa di pusat kota Chengdu mengajukan dakwaan terhadap Wang Lijun setelah menginterogasinya dan mendengar pendapat pembelanya. Xinhua tidak mengungkapkan dimana atau kapan persidangan dilakukan.

Wang Lijun adalah kepala keamanan umum kota Chongqing pada Februari ketika ia melarikan diri ke konsulat Amerika di Chengdu untuk memberitahu para diplomat Amerika tentang skandal pembunuhan yang melibatkan istri atasannya yang berkuasa, Bo Xilai. Wang Lijun tidak lagi disukai Bo Xilai setelah minta perlindungan di konsulat Amerika itu. Ia meninggalkan konsulat beberapa jam kemudian dan ditangkap pihak berwenang Tiongkok.

Pengungkapan Wang Lijun itu membuat Bo Xilai dipecat dari jabatannya sebagai Ketua Partai Komunis Tiongkok di Chongqing Maret lalu atas dasar pelanggaran disiplin. Sebelumnya Bo Xilai merupakan bintang yang sedang menanjak di Partai Komunis Tiongkok dan calon yang akan dinaikkan pangkatnya.
XS
SM
MD
LG