Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tolak Panama untuk Jaga Hubungan dengan Taiwan


Presiden Panama Ricardo Martinelli. (foto: dok)

Presiden Panama Ricardo Martinelli. (foto: dok)

Panama tegaskan lagi hubungan dengan Taiwan karena Tiongkok menolak upaya peralihan diplomatik Panama.

Surat-kawat Departemen Luar Negeri Amerika yang diperoleh WikiLeaks menunjukkan Panama pernah ingin mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan ke Tiongkok, tetapi Beijing justru menolak tawaran itu supaya tidak merusak hubungan yang membaik dengan Taiwan.

Surat kawat itu tertanggal 23 Februari tahun 2010, dan datang dari Barbara Stephenson, dutabesar Amerika waktu itu untuk Panama. Stephenson melaporkan kepada para pejabat di Washington bahwa Panama telah menegaskan kembali hubungannya dengan Taiwan, walaupun Presiden Ricardo Martinelli telah berjanji pada waktu kampanye untuk mengakui Tiongkok.

Stephenson mengatakan Martinelli menghentikan usahanya setelah Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi menegaskan bahwa Beijing tidak berminat pada peralihan itu karena Presiden Taiwan Ma Ying-jeou sedang berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Tiongkok.

Dutabesar Amerika tadi juga mengatakan Taiwan menawarkan Panama jutaan dolar perangsang keuangan, termasuk pemberian pesawat jet bernilai 22 juta dolar untuk digunakan pemerintah dalam tahun 2009.

XS
SM
MD
LG