Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tingkatkan Tekanan terhadap Korea


Marinir Korea Selatan patroli di pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, 17 Desember 2010.

Marinir Korea Selatan patroli di pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, 17 Desember 2010.

Tiongkok memanggil dutabesar kedua negara itu untuk menyampaikan keprihatinannya mengenai rencana Korea Selatan melakukan latihan artileri.

Tiongkok hari Sabtu meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara dan Korea Selatan agar menahan diri, guna meredakan ketegangan yang berbahaya di Semenanjung Korea.

Tiongkok memanggil dutabesar kedua negara itu untuk menyampaikan keprihatinannya mengenai rencana Korea Selatan melakukan latihan artileri dengan amunisi sungguhan dari sebuah pulau yang dibombardir Korea Utara bulan lalu. Tiongkok juga menyampaikan keprihatinannya mengenai tekad Korea Utara untuk membalas lebih hebat daripada yang dilakukannya bulan lalu jika Korea Selatan melangsungkan latihan tersebut.

Korea Selatan menangguhkan latihan di Pulau Yeonpyeong hari Sabtu karena cuaca buruk. Tetapi seorang pejabat militer menyatakan Korea Selatan masih berharap akan menggelar latihan itu hari Senin atau Selasa. Ia mengatakan Korea Selatan punya hak untuk melakukan latihan militernya.

Dewan Keamanan PBB menyerukan sidang darurat hari Minggu setelah Rusia meminta pertemuan Dewan beranggota 15 negara itu guna membahas situasi. Rusia menyatakan keprihatinan luar biasa mengenai rencana latihan dengan amunisi sungguhan itu.

XS
SM
MD
LG