Tautan-tautan Akses

Tiongkok: Saatnya Tidak Tepat bagi Pertemuan dengan Pemimpin Jepang


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao berada di New York, untuk KTT PBB, tapi tidak direncanakan untuk bertemu dengan PM Jepang.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao berada di New York, untuk KTT PBB, tapi tidak direncanakan untuk bertemu dengan PM Jepang.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan KTT PBB bukan saat yang tepat untuk mengadakan pertemuan antara kedua pemimpin.

Tiongkok menyatakan saatnya tidak tepat bagi Perdana Menteri Wen Jiabao bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan pada KTT PBB di New York pekan ini.

Hubungan antara kedua negara memburuk sejak 7 September, sewaktu Jepang menahan nakhoda kapal Tiongkok yang dituduh menabrak dua kapal pengawal pantai Jepang di perairan yang disengketakan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Jiang Yu mengatakan dalam suatu konferensi pers, sekarang bukan saat yang tepat untuk mengadakan pertemuan antara kedua pemimpin.

Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshito Sengoku pada hari Selasa menyampaikan kepada wartawan, para pejabat pemerintah harus berhati-hati agar tidak membangkitkan apa yang ia sebut sebagai nasionalisme ekstrim dan picik di Jepang, Tiongkok serta negara-negara lain.

XS
SM
MD
LG