Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tidak akan Kaitkan Nuklir Iran dengan Perdagangan


Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Cui Tiankai mengatakan negaranya tidak akan mengkaitkan program nuklir Iran dengan perdagangan.

Ucapan Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai itu dikeluarkan menjelang kunjungan Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner ke Beijing, dimana diperkirakan akan berusaha mencari dukungan akan sanksi terhadap Teheran.

Cui mengatakan hari Senin bahwa hubungan perdagangan normal dan kerjasama energi Tiongkok dan Iran tidak ada hubungannya dengan masalah nuklir. Ia mengatakan orang sebaiknya jangan mencampur-baurkan masalah yang sama sekali tidak berhubungan. Cui juga mengatakan keprihatinan Tiongkok yang sah hendaknya dihormati.

Tiongkok adalah salah satu pasar Iran yang paling besar untuk minyak.

Departemen Keuangan Amerika mengatakan pekan lalu bahwa Geithner akan berusaha meminta bantuan Tiongkok dalam mengenakan tindakan keuangan terhadap Iran, termasuk bank sentral Iran, dalam usaha memaksa Teheran untuk meninggalkan program pengembangan nuklirnya.

Departemen itu mengatakan Geithner juga akan berbicara dengan para pejabat Tiongkok mengenai cara-cara menggalakkan pertumbuhan sedunia, dan akan mengangkat masalah apa yang disebutnya langkah-langkah untuk meratakan lapangan permainan bagi pekerja dan perusahaan Amerika.

XS
SM
MD
LG