Tautan-tautan Akses

Tiongkok Segera Akhiri Pengimpor Netto Terbesar Modal Asing


Tiongkok kini merupakan negara penanam investasi asing terbesar ke-5 di dunia.

Tiongkok kini merupakan negara penanam investasi asing terbesar ke-5 di dunia.

Tiongkok sedang dalam laju yang tepat untuk mengirim modal ke luar negeri sebanyak yang diterimanya sebelum tahun 2015.

Tiongkok mengatakan era pengimpor netto besar modal asing kemungkinan akan segera berakhir.

Harian People’s Daily, suratkabar utama Partai Komunis yang berkuasa, melaporkan dalam situs internetnya hari Kamis bahwa investasi langsung modal asing Tiongkok di negara-negara lain meningkat lebih 40 persen tahun lalu. Harian itu mengatakan Tiongkok sedang dalam laju yang tepat untuk mengirim modal ke luar negeri sebanyak yang diterimanya sebelum tahun 2015.

Ini merupakan peralihan besar bagi Tiongkok, yang telah memperoleh manfaat dari investasi besar-besaran dari luar sementara Tiongkok bangkit untuk menjadi ekonomi kedua terbesar di dunia. Investasi luar sedang membanjir ke Tiongkok dengan laju kira-kira10 milyar dolar sebulan, yang membantu menciptakan lapangan pekerjaan biarpun sementara keadaan ini meningkatkan risiko inflasi.

Tetapi, People’s Daily mengutip pejabat pemerintah mengatakan ekspor investasi Tiongkok ke negara-negara lain membubung ke hampir 68 milyar dolar tahun lalu, yang membuat Tiongkok menjadi negara penanam investasi asing terbesar ke-5 di dunia. Para pejabat itu memperkirakan angka tersebut akan mencapai 100 milyar dolar sebelum tahun 2013.

XS
SM
MD
LG