Tautan-tautan Akses

Tiongkok-Taiwan Tandatangani Kesepakatan Dagang


Presiden Taiwan Ma Ying-jeou

Presiden Taiwan Ma Ying-jeou

Persetujuan ini merupakan buah usaha dua tahun Presiden Taiwan Ma Ying-jeou, yang menginginkan kerjasama ekonomi dengan Beijing.

Dua negara yang telah lama berseteru, Tiongkok dan Taiwan, akan menandatangani persetujuan perdagangan bersejarah hari ini, guna mendekatkan ekonomi mereka.

Persetujuan itu, yang dikenal sebagai Persetujuan Kerangka Kerjasama Ekonomi, akan ditandatangani di kota Chongqing, Tiongkok selatan.

Penandatanganan persetujuan itu merupakan buah usaha dua tahun oleh Presiden Taiwan Ma Ying-jeou, yang ketika baru memangku jabatan berjanji untuk mempererat hubungan ekonomi dan diplomatik dengan Beijing.

Para pendukung persetujuan itu di Taiwan, menghendaki agar ekonomi pulau itu tidak menjadi tersisih, sementara kekuatan global Tiongkok meningkat.

Namun, Partai Demokrat Progresif Taiwan menentang persetujuan ini, karena khawatir penandatanganan kesepakatan dapat merongrong pemerintahan Taiwan dan ekonomi negara pulau ini. Ribuan orang turun ke jalan-jalan Taipei akhir pekan baru lalu untuk melancarkan protes atas persetujuan dagang Tiongkok-Taiwan ini.

Berdasarkan persetujuan baru, perusahaan-perusahaan Taiwan akan menikmati keringanan bea di Tiongkok atas lebih dari 500 macam produk. Sementara itu, perusahaan-perusahaan Tiongkok akan menerima keringanan atas hampir 300 macam produk.

XS
SM
MD
LG