Tautan-tautan Akses

Tiongkok Selamatkan 178 Anak Korban Perdagangan Manusia


Anak-anak korban perdagangan manusia di Biro Keamanan Publik Panglong di Kunming, provinsi Yunnan (foto: dok).

Anak-anak korban perdagangan manusia di Biro Keamanan Publik Panglong di Kunming, provinsi Yunnan (foto: dok).

Kementerian Keamanan Umum Tiongkok melakukan operasi bersama untuk menangkap para pelaku perdagangan manusia di 10 provinsi seluruh Tiongkok.

Kepolisian Tiongkok mengatakan mereka telah berhasil menolong 178 anak-anak dan menangkap 608 tersangka dalam penindakan terhadap komplotan yang dicurigai pedagang manusia.

Kementerian Keamanan Umum Tiongkok mengatakan hari Rabu bahwa lebih dari lima ribu orang polisi melakukan penangkapan bulan lalu dalam operasi bersama di 10 provinsi seluruh Tiongkok.

Polisi mula-mula membongkar satu komplotan perdagangan anak di provinsi Sichuan, Tiongkok barat-daya, ketika menyelidiki kecelakaan lalu-lintas bulan Mei. Pihak berwenang kemudian mendapati komplotan serupa di provinsi Fujian, Tiongkok tenggara.

Tiongkok mempunyai pasar gelap anak-anak dan perempuan. Para pengamat mengatakan kebijakan satu anak Tiongkok dan peraturan pajak pengangkatan anak turut menyebabkan ramainya pasar anak, yang sebagian besar melibatkan pembeli yang menghendaki anak lagi atau orang yang menghendaki pekerja budak.

Kantor berita negara Xinhua mengatakan kepolisian nasional telah membongkar lebih dari tujuh ribu komplotan pedagang manusia sejak tahun 2009, yang melibatkan lebih dari 18 ribu anak-anak dan 34 ribu orang perempuan.

XS
SM
MD
LG