Tautan-tautan Akses

Tiongkok Pasang Poster untuk Redakan Aksi Bakar Diri di Tibet


Pemerintah Tiongkok memasang poster-poster di wilayah Tibet, menawarkan imbalan hadiah uang bagi informasi atas aksi bakar diri.

Pemerintah Tiongkok memasang poster-poster di wilayah Tibet, menawarkan imbalan hadiah uang bagi informasi atas aksi bakar diri.

Poster-poster dipasang di beberapa wilayah Tibet yang memperingatkan larangan bagi warga etnis Tibet untuk melakukan aksi bakar diri dan menawarkan imbalan uang untuk informasi.

VOA siaran bahasa Tibet melaporkan, tawaran imbalan uang kontan itu berlaku di kawasan yang disebut Gannan oleh Tiongkok atau Kanlho oleh Tibet.

Sebuah foto yang diperoleh VOA menunjukkan sebuah pengumuman yang di pasang di sebuah tiang. Pengumuman itu mengatakan, polisi akan memberi imbalan 8000 dolar bagi siapa saja yang memberikan informasi mengenai orang yang merencanakan akan melakukan aksi bakar diri atau memicu, mengatur atau membujuk orang untuk melakukan aksi bakar diri.

Menurut terjemahan organisasi Kampanye Internasional untuk Tibet, pengumuman itu menyebutkan aksi bakar diri sebagai tindakan ekstrim yang bertentangan dengan kemanusiaan dan masyarakat, dan memperingatkan mereka yang ingin berdemo bahwa tindakan seperti itu merupakan sikap tidak tahu berterima kasih terhadap orang tua yang telah membesarkan mereka.

Pengumuman itu juga menjanjikan imbalan sekitar 30 ribu dolar bagi siapa saja yang memberi informasi yang dapat dipercaya mengenai empat aksi bakar diri terkini di kawasan itu.

Pengumuman itu mengatakan, pihak berwenang akan merahasiakan nama pemberi informasi dan akan bertanggungjawab atas keamanan mereka.

Sedikitnya tiga warga Tibet melakukan aksi bakar diri untuk memrotes pemerintah Tiongkok dan kebijakan-kebijakan Tiongkok dalam lima hari terakhir. Selama bulan ini telah enam warga Tibet melakukan aksi protes dengan bakar diri.
XS
SM
MD
LG