Tautan-tautan Akses

Tiongkok Protes Pesawat Mata-Mata AS di Dekat Pantainya


Pesawat pengintai Amerika U-2 yang juga dikenal sebagai 'Dragon Lady'.

Pesawat pengintai Amerika U-2 yang juga dikenal sebagai 'Dragon Lady'.

Beijing mengatakan penerbangan pesawat pengintai Amerika dekat pantai Tiongkok merusak kepercayaan strategis antara kedua negara.

Tiongkok mengatakan penerbangan-penerbangan pengintaian Amerika dekat pantai Tiongkok telah sangat merusak kepercayaan strategis antara kedua negara dan merupakan hambatan utama terhadap hubungan militer yang lebih erat.

Suratkabar Global Times hari ini mengutip pejabat kementerian pertahanan menuntut agar Amerika menghormati kedaulatan dan kepentingan keamanan Tiongkok. Ucapan tersebut dikeluarkan setelah pidato pekan ini oleh pimpinan dewan kepala staff angkatan bersenjata Amerika Laksamana Mike Mullen bahwa Amerika tidak akan enggan terbang di wilayah angkasa internasional dekat Tiongkok.

Artikel Global Times itu juga melaporkan bahwa dua pesawat tempur Sukhoi-27 Tiongkok berusaha mencegat penerbangan pengintaian pesawat U-2 Amerika di angkasa Selat Taiwan bulan lalu. Kantor berita Reuters mengatakan pesawat-pesawat Tiongkok itu menyeberang sebentar ke wilayah angkasa Taiwan dalam operasi tersebut.

Pertentangan itu terjadi sementara usaha sedang dilakukan oleh para pemimpin militer kedua pihak untuk memperbaiki hubungan setelah lama tidak saling mempercayai.

XS
SM
MD
LG