Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringatkan Konsekuensi Perjanjian Senjata Amerika-Taiwan


Permintaan pembelian jet tempur F-16 generasi terbaru oleh Taiwan tidak dikabulkan oleh pemerintah Amerika (foto:dok).

Permintaan pembelian jet tempur F-16 generasi terbaru oleh Taiwan tidak dikabulkan oleh pemerintah Amerika (foto:dok).

Perjanjian senjata Amerika-Taiwan akan memicu reaksi keras dari TIongkok dan mempengaruhi hubungan Tiongkok dengan kedua negara.

Media resmi Tiongkok memperingatkan akan ada konsekuensi serius jika Amerika melaksanakan rencana meng-upgrade armada jest tempur F-16 Taiwan.

Para anggota Kongres Amerika mengatakan kepada media bahwa mereka telah diberi taklimat mengenai rencana itu, yang tidak memenuhi permintaan Taiwan untuk membeli pesawat tempur F-16 generasi terbaru dengan lebih banyak kemampuan dan senjata canggih.

Harian Rakyat mengatakan hari Senin, paket senjata yang telah dikurangi menjadi 4,2 juta dolar itupun akan menimbulkan reaksi sangat keras dari Tiongkok, dan akan mempengaruhi hubungan dengan Taiwan dan Amerika. Harian itu mengutip website caixun.com mengatakan bahwa sebagai balasan Tiongkok akan mengurangi obligasi Kementerian Keuangan Amerika.

Harian Global Times juga meramalkan adanya protes dari Beijing, tetapi mengatakan, tidak ada cara efektif bagi Tiongkok untuk membalas. Dikatakan, kecil kemungkinan Tiongkok akan memutuskan pertukaran militer dengan Amerika seperti yang dilakukannya setelah penjualan senjata Amerika kepada Taiwan tahun lalu, karena itu akan mengundang kecaman internasional terhadap Tiongkok.

XS
SM
MD
LG