Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringatkan Eropa Tentang Krisis Utang


Menteri Perdagangan Tiongkok, Chen Deming khawatir krisis utang di Eropa akan memburuk.

Menteri Perdagangan Tiongkok, Chen Deming khawatir krisis utang di Eropa akan memburuk.

Menteri Perdagangan Tiongkok mengatakan Beijing sangat khawatir apakah krisis utang Eropa tersebut dapat dikendalikan.

Tiongkok telah memberitahu sekelompok pejabat tinggi ekonomi Eropa bahwa negara itu khawatir akan krisis utang benua Eropa, dan menunggu untuk melihat apakah para pemimpin Eropa akan mengambil langkah praktis untuk meredakan masalah tersebut.

Pada saat yang sama, para pejabat Tiongkok mengatakan dalam konferensi satu hari di Beijing, Selasa ini, bahwa mereka mendukung langkah yang sudah diambil sejauh ini, dan yakin kerjasama ekonomi adalah demi kepentingan kedua pihak.

Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional telah bertindak tahun ini untuk menyelamatkan Irlandia dan Yunani yang dililit hutang, sementara masalah yang terus berlanjut di Spanyol dan Portugal menimbulkan keprihatinan akan kestabilan euro, mata uang tunggal Eropa.

Wakil PM Tiongkok Wang Qishan mengekspresikan dukungan Tiongkok terhadap kebijakan tersebut dalam pembukaan dialog ekonomi dan perdagangan Tiongkok-Uni Eropa. Tapi Menteri Perdagangan Chen Deming mengatakan Tiongkok “sangat khawatir” mengenai apakah krisis tersebut dapat dikendalikan.

XS
SM
MD
LG