Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringati 100 Tahun Revolusi


Depan, dari kiri: Presiden Hu Jintao, mantan Presiden Jiang Zemin dan PM Wen Jiabao menghadiri peringatan 100 Tahun Revolusi Xinhai di Beijing (9/10).

Depan, dari kiri: Presiden Hu Jintao, mantan Presiden Jiang Zemin dan PM Wen Jiabao menghadiri peringatan 100 Tahun Revolusi Xinhai di Beijing (9/10).

Peringatan di Beijing hari Minggu antara lain mencakup seruan bagi penyatuan Taiwan ke Tiongkok daratan, dan penampilan kejutan mantan presiden Jiang Zemin.

Tiongkok hari Minggu merayakan ulang tahun ke-100 revolusi yang mengakhiri hampir dua ribu tahun pemerintahan kekaisaran.

Perayaan di Beijing itu juga menyerukan dipersatukannya Taiwan dengan pemerintahan Tiongkok daratan.

Presiden Hu Jintao mengatakan kepada pejabat-pejabat Partai Komunis Tiongkok, penyatuan kembali Taiwan lewat cara-cara damai akan memenuhi kepentingan dasar rakyat Tiongkok. Ia juga menyerukan pada tokoh-tokoh partai supaya memperkuat tentangan Tiongkok bagi kemerdekaan Taiwan.

Hu Jintao juga menyerukan kepada para pemimpin Tiongkok dan Taiwan supaya bekerja sama secara damai untuk menyelesaikan berbagai masalah bilateral, sambil memperkuat persaingan ekonomi antara kedua bagian Tiongkok itu.

Kekaisaran dinasti Qing digulingkan tahun 1911 mengakhiri 2.000 tahun kekaisaran yang memerintah hampir tanpa putus. Pemerintah Republik Cina yang dipimpin dr. Sun Yat Sen didirikan beberapa minggu kemudian, tapi pemerintah ini lari ke Taiwan tahun 1949 ketika terjadi perang saudara yang dimenangkan kelompok komunis pimpinan Mao Zedong.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai propinsinya dan mengancam akan menggunakan kekerasan apabila Taiwan mengumumkan kemerdekaan.

XS
SM
MD
LG