Tautan-tautan Akses

Tiongkok: Negara Maju Harus Tanggung Jawab Kurangi Emisi Karbon


Seorang perokok berjalan diantara gedung-gedung pencakar langit berselimut debu polusi di Beijing (22/11).

Seorang perokok berjalan diantara gedung-gedung pencakar langit berselimut debu polusi di Beijing (22/11).

Pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa negara-negara maju harus memikul tanggung jawab emisi karbon dalam mengatasi perubahan iklim.

Tiongkok menghimbau negara-negara maju agar memikul tanggung jawab untuk mengurangi emisi karbon secara signifikan bertepatan dengan pengumuman tekad Tiongkok untuk bekerjasama dengan komunitas internasional guna memastikan suksesnya konferensi perubahan iklim penting pekan depan.

Dalam laporan yang dikeluarkan hari Selasa, Tiongkok mengatakan bahwa negara-negara maju harus bertanggung jawab atas emisi gas rumah kaca yang dihasilkan mereka selama 200 tahun terakhir, dan bahwa negara-negara berkembang kekurangan sumberdaya untuk melakukan hal serupa dalam mengatasi masalah perubahan iklim.

Tiongkok mengatakan bahwa negara-negara maju seharusnya menyumbangkan pengetahuan teknologi serta pembiayaan, sementara negara-negara berkembang sebaiknya mengimplementasi strategi yang seimbang, yang memperhitungkan aspek lingkungan sekaligus tantangan ekonomi yang dihadapi.

XS
SM
MD
LG