Tautan-tautan Akses

Tiongkok Mulai Bangun Perluasan Rel Kereta di Tibet


Suasana di kota Shigatse, Tibet yang selama ini tertutup dari dunia luar karena tidak adanya transportasi umum.

Suasana di kota Shigatse, Tibet yang selama ini tertutup dari dunia luar karena tidak adanya transportasi umum.

Sebuah jalan kereta baru akan menghubungkan kota terbesar kedua di Tibet, Shigatse dengan dunia luar untuk pertama kalinya.

Sebuah jalan kereta baru yang sedang dibangun di Tibet, akan menghubungkan kota kedua terbesar di wilayah itu dengan dunia luar untuk pertama kalinya.

Kantor berita resmi Tiongkok Xinhua mengatakan perlu empat tahun untuk menyelesaikan jalur kereta ini yang menghubungkan Shigatse ke ibukota Tibet Lhasa. Sebuah jalur kereta dari Lhasa ke Tiongkok tengah telah dibuka pada 2006.

Xinhua mengatakan Tiongkok akan membelanjakan hampir 2 miliar dolar untuk membangun jalur kereta ini, yang berjarak 250 kilometer dan melewati daerah pengunungan yang sulit serta melibatkan banyak jembatan dan terowongan.

Proyek ini merupakan bagian dari usaha Tiongkok untuk membangun dan memodernisir wilayah Tibet yang luas itu. Tiongkok mengatakan sasarannya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan standar kehidupan di Tibet.

Tetapi para pengritik mengatakan, pembangunan jalur kereta ini akan menyebabkan banjirnya migrasi warga Tionghoa dari etnis Han, kelompok etnis terbesar di Tiongkok, dan mengancam kelestarian budaya Tibet.

XS
SM
MD
LG