Tautan-tautan Akses

Tiongkok Menentang Rencana Iran Tutup Selat Hormuz


Perdana Menteri TIongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Perdana Menteri TIongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan Beijing menentang setiap tindakan ekstrim Iran untuk menutup Selat Hormuz.

Wen mengatakan, jika Iran mewujudkan ancamannya untuk menutup perairan tersebut, itu akan bertentangan dengan kepentingan masyarakat dunia. Selat Hormuz merupakan jalur pengapalan penting bagi suplai minyak dunia. Wen mengeluarkan pernyataan itu Rabu pada sebuah konperensi pers di Doha, Qatar.

Teheran telah mengancam akan menutup Selat itu sebagai tanggapan terhadap sanksi Amerika yang ditujukan untuk memaksanya meninggalkan program nuklirnya yang disengketakan.

Tiongkok mendukung sanksi PBB terhadap Iran, namun sampai saat ini mengecam tindakan-tindakan Amerika yang lebih keras, yang menurutnya akan meningkatkan ketegangan dan melambungkan harga minyak dunia.

Wen mengatakan Tiongkok menentang keras Iran yang memproduksi senjata nuklir, Namun, ia mengatakan, masalah itu seharusnya diselesaikan dengan cara damai, dan pembicaraan P-five-plus-one merupakan salah satu jalannya.

XS
SM
MD
LG