Tautan-tautan Akses

Tiongkok Larang Acara Resmi Sajikan Sup Sirip Hiu


Sirip hiu biasa dihidangkan dalam bentuk sup di berbagai acara bisnis dan pernikahan sebagai lambang kedudukan tinggi di Tiongkok (foto: dok.).

Sirip hiu biasa dihidangkan dalam bentuk sup di berbagai acara bisnis dan pernikahan sebagai lambang kedudukan tinggi di Tiongkok (foto: dok.).

Tiongkok berencana akan melarang sup sirip hiu disajikan pada acara-acara jamuan makan resmi pemerintah.

Larangan ini diumumkan sebagai upaya untuk melindungi populasi hiu yang terancam dan mengurangi pengeluaran negara berlebihan pada acara-acara kenegaraan.

Global Times yang dikontrol Partai Komunis mengatakan Selasa, akan diperlukan waktu tiga tahun untuk menghapus hidangan sirip hiu dari daftar menu jamuan makan resmi dan acara-acara pemerintah lainnya.

Suratkabar itu mengatakan, larangan itu merupakan usaha yang lebih luas untuk membatasi pengeluaran pemerintah pada acara-acara makan malam resmi yang seringkali menyajikan hidangan pangan laut yang mahal di banyak negara Asia.

Kelompok-kelompok lingkungan mengatakan, lebih dari 70 juta hiu dibunuh terutama untuk siripnya setiap tahun di berbagai penjuru dunia, dan mengakibatkan puluhan spesies hiu terancam punah atau punah sama sekali.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan lebih dari 95 persen panen tahunan sirip hiu dikonsumsi di dataran utama Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan. Larangan Tiongkok ini tidak akan mempengaruhi konsumsi sirip hiu oleh masyarakat pada umumnya.

Beberapa negara dan pemerintah setempat di berbagai penjuru dunia telah memberlakukan larangan penjualan sirip hiu, yang dapat dijual seharga hingga 500 dolar per pon.
XS
SM
MD
LG