Tautan-tautan Akses

Tiongkok Larang 8 Bahan Aditif Makanan Baru


Pihak berwajib di Beijing menyita berbagai jenis makanan yang diduga mengandung zat berbahaya (foto: dok.).

Pihak berwajib di Beijing menyita berbagai jenis makanan yang diduga mengandung zat berbahaya (foto: dok.).

Badan pengawas makanan dan obat-obatan Tiongkok melarang delapan bahan aditif itu setelah ditemukan tercemar dengan bahan industri kimia.

Tiongkok melarang delapan bahan aditif makanan baru setelah ditemukan tercemar dengan bahan industri kimia.

Badan pengawas makanan dan obat-obatan negara itu telah memerintahkan perusahaan-perusahaan katering untuk berhenti menggunakan produk yang terkontaminasi DEHP yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hormon pada anak-anak jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Umumnya digunakan dalam pembuatan plastik, DEHP juga digunakan sebagai bahan tambahan untuk warna dan tekstur makanan dan minuman.

Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua melaporkan hari Minggu bahwa bahan aditif yang dilarang termasuk perasa buah jambu buatan perusahaan Guangzhou, bubuk teh hijau, minyak mentega cair dan minyak susu telur produksi Jiangmen Goody’s Food dan bahan aditif ragi roti produksi Jiangmen Jhan Wang Food. Semua perusahaan itu berkantor di provinsi Guangdong selatan.

Badan pengawas makanan dan obat-obatan juga melarang osmanthus, bahan aditif teh hijau dan almond yang diproduksi oleh produsen makanan aditif di kota Hangzhou di provinsi Zhejiang timur.

Pejabat-pejabat memerintahkan perusahaan katering makanan untuk mengamankan produk terlarang yang sudah dibeli. Mereka juga mendesak pihak berwenang lokal untuk memperketat inspeksi makanan.

XS
SM
MD
LG