Tautan-tautan Akses

Tiongkok Lakukan Penerbangan Percobaan Kedua Pesawat Siluman


Pesawat tempur siluman J-20 terlihat di Chengdu, provinsi Sichuan, Tiongkok, Januari lalu.

Surat kabar Partai Komunis, Global Times, memberitakan penerbangan ini, yang diduga merupakan kedua kalinya bagi prototipe J-20.

Media pemerintah Tiongkok melaporkan percobaan penerbangan kedua pesawat tempur siluman J-20 yang dikembangkan sendiri oleh negara tersebut.

Penerbangan inidisebut dalam surat kabar Partai Komunis, Global Times, edisi Selasa, dengan kepala berita “Pesawat Misterius Terbang Lagi.” Video sebuah pesawat yang disebut sebagai prototipe J-20 juga muncul di situs internet stasiun televisi satelit Phoenix, televisi Hong Kong yang pro-Beijing dan di forum militer online.

Global Times memuat sebuah foto prototipe J-20 berada di atas landasan dan mengutip seorang saksi mengatakan pesawat tersebut melintas beberapa kali dan menggerakkan sayapnya dalam penerbangan sepanjang 85 menit di hari Minggu dari lapangan terbang Chengdu di provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya.

Juga di Chengdu, pesawat J-20 melakukan penerbangan perdananya yang tidak diumumkan di bulan Januari. Penerbangan pertama tersebut mengagetkan dunia karena terjadi saat Menteri Pertahanan AS Robert Gates berkunjung ke kawasan tersebut.

XS
SM
MD
LG