Tautan-tautan Akses

Tiongkok Kukuhkan Uskup Katolik Roma Baru dengan Persetujuan Vatikan


Paus Benedictus XVI di Vatikan (foto: dok.). Vatikan menyetujui pengangkatan Paul Liang Jiansen sebagai Uskup di Jiangmen, Tiongkok selatan.

Paus Benedictus XVI di Vatikan (foto: dok.). Vatikan menyetujui pengangkatan Paul Liang Jiansen sebagai Uskup di Jiangmen, Tiongkok selatan.

Ini merupakan kejadian pertama sejak hubungan bilateral memburuk tahun lalu ketika Beijing mengukuhkan seorang Uskup tanpa persetujuan gereja.

Tiongkok telah mengukuhkan seorang uskup Katolik Roma baru dengan persetujuan dari Vatikan. Ini merupakan kejadian pertama sejak hubungan bilateral memburuk tahun lalu ketika Beijing mengukuhkan seorang Uskup tanpa persetujuan gereja.

Pejabat mengutip dalam media gereja mengatakan Paul Liang Jiansen diangkat jadi Uskup di Jiangmen, di selatan, pada 30 Maret. Associated Press, mengutip pejabat gereja yang tidak disebutkan namanya, di Hongkong dan Tiongkok daratan, mengatakan, Vatikan menyetujui pengangkatan ini sebelumnya.

Tiongkok dan Vatikan tidak punya hubungan resmi dan selama berpuluh tahun bertikai seputar hak Roma untuk mengangkat uskup.

Sebuah pengaturan dimana kebanyakan uskup baru menerima persetujuan dari Vatikan tampaknya hampir gagal tahun lalu, ketika Tiongkok mengangkat seorang Uskup di Chengde tanpa persetujuan Roma. Ketegangan memburuk ketika gereja Tiongkok memilih pemimpin baru tanpa berkonsultasi dengan Roma.

Beberapa minggu kemudian, Kementerian Luar Negeri menyerukan Vatikan untuk mengambil langkah pertama dalam rangka menyelesaikan percekcokan itu. Jurubicara Jiang Yu akhir Desember juga menyerukan agar Roma “mengakui fakta kebebasan agama di Tiongkok.”

XS
SM
MD
LG