Tautan-tautan Akses

Tiongkok-Korea Utara Bertekad Pererat Hubungan


Presiden Tiongkok Hu Jintao (Foto: dok)

Presiden Tiongkok Hu Jintao (Foto: dok)

Presiden Tiongkok Hu Jintao hari Senin berjanji untuk memperkuat hubungan dengan Korea Utara, dan mengatakan kedua negara sebaiknya berupaya memperkokoh perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea.

Komentar Hu, yang dikutip kantor berita pemerintah Xinhua, ditujukan kepada delegasi Korea Utara yang sedang berkunjung. Mereka datang 10 hari setelah peluncuran roket Korea Utara memicu berbagai protes dari Amerika, Uni Eropa dan sejumlah pemerintahan di Asia Timur. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga mengecam peluncuran itu, yang kata para pejabat melanggar aturan internasional.

Korea Utara mengatakan peluncuran roket yang gagal itu bertujuan untuk menempatkan satelit ke orbit. Namun pihak-pihak pengecam mengatakan penjelasan itu merupakan kedok bagi uji coba rudal balistik Korea Utara yang dilarang berdasarkan sanksi-sanksi PBB.

Laporan Xinhua edisi hari Senin itu tidak menyebut secara khusus tentang peluncuran 13 April itu, dan tidak menyinggung laporan Korea Selatan bahwa Pyongyang mungkin sedang mempersiapkan uji coba nuklir lagi.

Beijing menyuarakan penyesalan minggu lalu tentang peluncuran roket itu, yang terjadi ketika Tiongkok berupaya memulai kembali pembicaraan multinasional dengan tujuan mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara yang kontroversial itu.
XS
SM
MD
LG