Tautan-tautan Akses

Tiongkok Kirim Bantuan untuk Korban Gempa


Para pejabat Tiongkok kirim bantuan ke bagian Barat negara itu setelah gempa bumi tewaskan sedikitnya 400 orang.

Para pejabat Tiongkok bergegas mengirim bantuan ke bagian Barat negara itu setelah gempa bumi hebat Rabu pagi menewaskan sedikitnya 400 orang dan menciderai lebih dari 10 ribu lainnya di Dataran Tinggi Tibet yang bergunung.

Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter meruntuhkan gedung-gedung, menghancurkan jalan-jalan dan memadamKAN saluran-saluran listrik dan telepon di Propinsi Qinghai, yang berbatasan dengan Tibet. Gempa itu diikuti serangkaian gempa susulan yang tak kalah hebatnya, dimana yang terbesar berkekuatan 6,3 skala Richter. Gempa utama berpusat di kabupaten Yushu, di bagian Selatan Qinghai.

Para petugas SAR berusaha menyelamatkan mereka yang terperangkap dalam reruntuhan. Ratusan tentara dikerahkan ke kawasan itu untuk membantu usaha pertolongan.

Kantor berita pemerintah Xinhua mengatakan Presiden Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao memerintahkan pihak berwenaNg setempat untuk mengerahkan segala upaya untuk membantu para korban.

Mengingat banyak warga yang terpaksa tinggal di udara terbuka yang dingin, pemerintah Qinghai mengatakan, mereka bergegas mengirimkan 5000 tenda dan 100 ribu jaket dan selimut ke kawasan itu.

Namun seorang komandan polisi di Qinghai, Shi Huadjie, mengatakan kepada televisi Tiongkok, Chinese Central Television, mereka tidak mempunyai peralatan yang memadai untuk menanggulangi bencana tersebut.

XS
SM
MD
LG