Tautan-tautan Akses

Tiongkok Kecam UU Kenaikan Bea Impor AS


Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming (7/3).

Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming (7/3).

Pemerintah Tiongkok hari Rabu mengecam Kongres Amerika karena meluluskan undang-undang yang mengizinkan pengenaan bea yang lebih tinggi atas barang impor dari Tiongkok.

Para anggota Kongres Amerika hari Selasa dengan suara sangat besar menyetujui rancangan itu, yang dimaksudkan untuk mengimbangi subsidi pemerintah yang menurut banyak kalangan memberi kepada eksportir Tiongkok kelebihan yang tidak adil di pasar internasional.

Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming mengatakan Beijing tidak berkewajiban mengikuti kebijakan yang didikte oleh negara-negara lain, dan bahwa bea impor Amerika yang lebih tinggi tidak sesuai dengan peraturan internasional.

Chen juga mengatakan Tiongkok tidak mengenakan bea pembalasan ketika Amerika mensubsidi perusahaan-perusahaan mobil dalam bentuk dana talangan, saat terjadinya krisis keuangan global.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden menyambut baik keputusan Kongres hari Selasa, dengan mengatakan Kongres telah mengambil sikap yang jelas menentang praktek perdagangan yang tidak adil yang membahayakan banyak pekerjaan di Amerika.

XS
SM
MD
LG