Tautan-tautan Akses

Tiongkok Ingatkan Pujian Romney Tahun 2003


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Menurut tulisan tahun 2003 di website Kemenlu Tiongkok, bakal Capres Partai Republik Mitt Romney pernah memuji kontak perdagangan dan ekonomi Massachussetts-Tiongkok.

Ternyata tidak setiap orang di Amerika Serikat menyalahkan Tiongkok atas tingkat pengangguran yang tinggi di Amerika.

Media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa salah satu serikat pekerja terbesar di Amerika pekan lalu menyebut Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao sebagai “sahabat pekerja Amerika” karena dukungan Tiongkok untuk pertambahan pekerjaan di Amerika.

Beberapa laporan mengatakan Wen pernah menerima ucapan terima kasih serupa dari mantan gubernur Massachusetts dan sekarang bakal calon presiden Mitt Romney ketika perdana menteri Tiongkok itu mengunjungi pelabuhan Amerika di Boston akhir tahun 2003.

Menurut tulisan tahun 2003 di website kementerian luar negeri Tiongkok, Gubernur Romney mengatakan kepada Wen bahwa kontak perdagangan dan ekonomi antara Massachusetts dan Tiongkok telah memberi banyak manfaat yang nyata kepada orang-orang di negara bagian Amerika itu.

Itu sangat berbeda dari apa yang dikatakan Romney pada saat berkampanye, dimana dia menuduh bahwa manipulasi mata uang dan praktek perdagangan yang tidak adil lainnya oleh Tiongkok telah menyebabkan jutaan warga Amerika kehilangan pekerjaan.

XS
SM
MD
LG