Tautan-tautan Akses

Tiongkok-India Pererat Kerjasama


Presiden India Prathiba Patil

Presiden India Prathiba Patil

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, seorang kepala negara India mengunjungi Tiongkok.

Presiden India akan bertemu dengan para pejabat tertinggi Tiongkok di Beijing hari ini, untuk membicarakan mengenai peningkatkan dan usaha memperkuat hubungan yang kadang-kadang goncang.

Presiden Pratibha Patil akan bertemu dengan Presiden Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao. Diperkirakan, kedua belah pihak juga akan menandatangani sejumlah persetujuan perdagangan.

Kunjungan enam hari Presiden Patil ini menjadi kunjungan pertama seorang kepala negara India ke Tiongkok dalam 10 tahun. Presiden Patil juga akan mengunjungi Shanghai dan provinsi Henan untuk menghadiri peresmian biara Buddha gaya India.

Kedua negara telah berjanji untuk memajukan hubungan mereka, tetapi perselisihan tetap ada mengenai masalah-masalah, antara lain, ketegangan di perbatasan bersama mereka dan akses ke sumber daya dan pasar.

Walaupun ada perselisihan tersebut, kedua negara membentuk kaukus dalam pembicaraan iklim di Kopenhagen Desember lalu, ketika menolak perjanjian global yang hendak memaksa negara berkembang untuk mengurangi emisi karbon.

XS
SM
MD
LG