Tautan-tautan Akses

Tiongkok Hukum Aktivis Terkemuka 10 Tahun Penjara


Chen Xi, veteran gerakan protes demokrasi Tiananmen, Tiongkok (Foto: dok).

Chen Xi, veteran gerakan protes demokrasi Tiananmen, Tiongkok (Foto: dok).

Pengadilan Tiongkok menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada aktivis terkemuka Chen Xi karena menyulut subversi.

Setelah peradilan singkat hari Senin di Guiyan, ibukota provinsi Guizhou, Chen tetap menyatakan dirinya tidak bersalah, tetapi mengatakan dia tidak akan mengajukan banding atas putusan bersalah itu. Chen adalah seorang veteran gerakan protes demokrasi Tiananmen tahun 1989.

Para aktivis yakin tuduhan tersebut berkaitan dengan sejumlah esai yang ditulis pria berusia 57 tahun itu mengenai upaya memajukan reformasi politik dan memperbaiki hak asasi di Tiongkok.

Hari Jumat, aktivis veteran demokrasi Chen Wei dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara di provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya, dengan tuduhan melakukan subversi.

Komisioner Tinggi HAM PBB Navi Pillay menanggapi dalam siaran pers hari Senin, dengan mengatakan dia sangat prihatin mengenai vonis tersebut dan hukuman sangat berat dalam peradilan Chen Wei.

Pillay juga mengecam putusan seminggu sebelumnya mengirim pengacara hak asasi Gao Zhisheng kembali ke penjara dengan lama hukuman tiga tahun, setelah pengadilan Beijing memutuskan dia telah melanggar masa percobaan hukumannya.

XS
SM
MD
LG