Tautan-tautan Akses

Tiongkok Himbau Kerjasama Perdagangan Dengan Amerika


Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan (foto: dok).

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan (foto: dok).

Menurut Menteri Perdagangan Amerika John Bryson sikap terhadap hubungan perdagangan dengan Tiongkok sedang memburuk di Washington.

Seorang pejabat tinggi ekonomi Tiongkok menghimbau kerjasama dalam pembicaraan perdagangan dengan delegasi Amerika hari Senin di kota Chengdu, Tiongkok Baratdaya.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan memperingatkan delegasi Amerika agar jangan mempolitisasi perundingan. Ia mengatakan: ”Sekarang ini, kita menghadapi krisis ekonomi global yang sangat gawat. Menjaga kesehatan ekonomi adalah tanggung jawab setiap negara. Kemajuan yang tidak berimbang lebih baik daripada kemunduran yang berimbang.”

Menteri Perdagangan Amerika John Bryson memperingatkan bahwa sikap terhadap hubungan perdagangan dengan Tiongkok sedang memburuk di Washington. Bryson mengatakan:”Ekonomi kedua negara sudah saling terkait. Sekarang perdagangan bilateral berada pada tingkat paling tinggi dalam sejarah. Tetapi, banyak kalangan di Amerika, termasuk masyarakat perusahaan dan Kongres, sedang bergerak menuju pandangan yang lebih negatif mengenai hubungan perdagangan kedua negara.”

Komite Bersama Amerika-Tiongkok Mengenai Perniagaan dan Perdagangan, mengadakan pertemuan dua kali setahun. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan ketegangan perdagangan dengan memusatkan perhatian pada sengketa kebijakan.

XS
SM
MD
LG