Tautan-tautan Akses

Tiongkok Serukan Perundingan Nuklir Korut Dibuka Lagi


Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi

Menlu Tiongkok, Yang Jiechi mengatakan kegembiraannya melihat interaksi positif dalam dialog di Beijing, dan mengimbau dilanjutkannya dialog pelucutan nuklir dengan Korea Utara yang sempat tertunda.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi hari Senin menyerukan dibukanya kembali perundingan pelucutan nuklir Korea Utara.

Berbicara dalam seminar mengenai perundingan itu di Beijing, Yang mengatakan Tiongkok berbesar hati melihat interaksi positif antara keenam negara yang terlibat dalam perundingan.

Hari Minggu Korea Selatan mengumumkan bahwa perunding nuklir Wi Sung-lac akan bertemu di Beijing hari Rabu dengan perunding nuklir Korea Utara, Ri Yong-ho. Ini adalah pertemuan mereka yang pertama sejak mereka bertemu di sela-sela sebuah forum regional di Indonesia bulan Juli.

Yang mendesak semua pihak agar memanfaatkan peluang untuk membuka kembali perundingan. Ia menegaskan, rasa saling curiga antara Korea Selatan dan Korea Utara merintangi pembangunan di kawasan Asia Utara.

Korea Utara meninggalkan meja perundingan tahun 2009 tetapi akhir-akhir ini menyatakan keinginan membuka kembali perundingan yang bertujuan membuat Korea Utara meninggalkan program nuklirnya dengan imbalan bantuan internasional.

XS
SM
MD
LG