Tautan-tautan Akses

Tiongkok, Filipina Bersitegang soal Sengketa Laut Cina Selatan


Angkatan Laut AS dan Filipina mengadakan latihan militer bersama untuk meningkatkan kewaspadaan di Laut Cina selatan (foto: dok).

Angkatan Laut AS dan Filipina mengadakan latihan militer bersama untuk meningkatkan kewaspadaan di Laut Cina selatan (foto: dok).

Perselisihan terjadi antara Tiongkok dan Filipina terkait eksplorasi minyak di Laut Cina Selatan, dan kedua pihak tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengalah.

Sengketa itu dimulai awal pekan ini, ketika Menteri Energi Filipina Jose Almendras mengumumkan investor asing akan diundang untuk eksplorasi minyak dan gas di dua tempat bawah laut sebelah barat laut Pulau Palawan, di mana Filipina mulai menyebutnya Laut Filipina Barat.

Juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok Hong Lei mengecam rencana tersebut dalam jumpa pers di Beijing hari Selasa, mengatakan wilayah itu sebenarnya milik Tiongkok.

Hong mengatakan setiap eksplorasi tanpa izin Tiongkok adalah ilegal.

Namun, Filipina tampaknya bertekad terus maju. Kantor berita Associated Press hari Rabu mengutip Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario yang menegaskan kembali keputusan negaranya untuk menyetujui eksplorasi itu.

Menteri itu mengajukan alasan bahwa wilayah yang dimaksud adalah "dalam wilayah Filipina" berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

XS
SM
MD
LG