Tautan-tautan Akses

Tiongkok Dukung Dialog Iran dan Energi Nuklir yang Damai


Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi (6/3).

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi (6/3).

Tiongkok mengatakan negara itu mendukung usaha penyelesaian isu program nuklir Iran melalui dialog, mengulangi pernyataan yang dikeluarkan pekan ini oleh Presiden Amerika Barack Obama.

Tetapi Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi mengatakan kepada wartawan di Beijing hari Selasa bahwa negara-negara sebaiknya dapat memiliki dan menggunakan teknologi nuklir untuk tujuan-tujuan yang bukan untuk membuat senjata. Dia mengatakan Tiongkok menentang siapapun di Timur Tengah membangun senjata nuklir.

Pernyataan itu muncul sehari setelah pimpinan badan nuklir PBB mengatakan ada keprihatinan serius mengenai kemungkinan unsur militer dalam program nuklir Iran.

Tim inspektur dari Badan Energi Nuklir Internasional (IAEA) mengunjungi Iran bulan lalu, tetapi tidak diberi akses ke kompleks militer Parchin dekat Teheran.Pimpinan IAEA, Yukiya Amano, mengatakan hari Senin (5/3), badan itu mengetahui tentang adanya beberapa kegiatan di lokasi itu.

Israel dan negara-negara Barat menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir di bawah kedok program energi sipil, tuduhan yang dibantah Teheran.

XS
SM
MD
LG