Tautan-tautan Akses

Tiongkok dan Taiwan Tingkatkan Hubungan


Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou mengumumkan rencana pembersihan ranjau darat yang memenuhi dua pulau dekat perbatasan Tiongkok.

Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou mengumumkan rencana pembersihan ranjau darat yang memenuhi dua pulau dekat perbatasan Tiongkok.

Tiongkok mengumumkan sejumlah langkah baru yang memungkinkan orang Taiwan memperoleh pekerjaan di Tiongkok daratan.

Kebijakan baru pemerintah Tiongkok yang memungkinkan orang Taiwan memperoleh pekerjaan di Tiongkok daratan ini diumumkan Senin (18/6), selagi Taiwan bersiap merampungkan pembersihan puluhan ribu ranjau darat yang ditanam tahun 1950an di pulau-pulau garis depan dekat pantai Tiongkok.

Media resmi Tiongkok mengatakan inisiatif lapangan kerja itu memberi penduduk Taiwan yang berkualifikasi, termasuk mahasiswa yang lulus dari universitas di Tiongkok daratan, kesempatan bersaing yang sama dengan pelamar kerja Tiongkok dalam serangkaian lapangan kerja di bidang industri dan institusi. Harian China Daily tidak merincinya, tapi mengatakan langkah itu adalah bagian dari program percobaan di empat propinsi utama.

Beberapa jam kemudian di Taipei, Presiden Ma Ying-jeou mengatakan semua ranjau darat yang memenuhi pantai-pantai di dua pulau yang dikuasai Taiwan – Quemoy dan Matsu – akan disingkirkan sebelum akhir tahun. Kedua pulau itu, yang terletak beberapa kilometer dari propinsi Xiamen di Tiongkok, bertaburan ranjau darat oleh pejuang nasionalis setelah Tiongkok dan Taiwan berpisah tahun 1949 pada akhir perang saudara Tiongkok.

Presiden Ma mengumumkan dipercepatnya penyingkiran ranjau itu, selagi bertemu utusan khusus PBB yang mengepalai program PBB untuk mengakhiri produksi dan penggunaan ranjau darat.

Ketegangan antara Beijing dan Taipei telah mereda secara drastis sejak Presiden Ma berkuasa empat tahun lalu.
XS
SM
MD
LG