Tautan-tautan Akses

Tiongkok dan Jerman Perkuat Hubungan Perdagangan


Perusahaan-perusahaan Tiongkok dan Jerman telah menanda-tangani persetujuan bernilai milyaran dolar hari Jumat.

Perusahaan-perusahaan Tiongkok dan Jerman telah menanda-tangani persetujuan bernilai milyaran dolar, sementara Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menjamu Kanselir Jerman Angela Merkel hari Jumat.

Kedua pemimpin itu memuji perdagangan yang lebih baik negara-negara mereka di hadapan wartawan di Beijing. Beberapa pimpinan perusahaan-perusahaan besar Jerman menemani Merkel dalam kunjungannya, yang dilakukan setelah kunjungannya di Rusia. Perusahaan besar Jerman Siemens AG menandatangani persetujuan bernilai hampir 4 milyar dolar dengan Kelompok Perusahaan Listrik Shanghai untuk membangun turbin tenaga uap dan gas, sementara Daimler AG dan Perusahaan Mesin Beiqi Foton Tiongkok sepakat melakukan usaha bersama bernilai sekitar 1 milyar dolar untuk membuat truk. Persetujuan-persetujuan tersebut adalah diantara sejumlah persetujuan lainnya antara kedua negara.

Persetujuan-persetujuan itu menandai peningkatan hubungan antara Tiongkok dan Jerman, yang sempat terganggu setelah Merkel menjamu pemimpin kerohanian Tibet, Dalai Lama, tahun 2007.

Merkel diperkirakan akan membicarakan perubahan iklim, krisis nuklir Iran, dan isu-isu lain sebelum meninggalkan Tiongkok.

XS
SM
MD
LG