Tautan-tautan Akses

Tiongkok Cemooh Anggota DPR AS soal Seragam Atlet Olimpiade AS


Seragam resmi atlet Olimpiade AS telah memicu kontroversi karena dibuat di Tiongkok (foto: dok).

Seragam resmi atlet Olimpiade AS telah memicu kontroversi karena dibuat di Tiongkok (foto: dok).

Anggota DPR AS mengeluh setelah mengetahui bahwa seragam atlet Amerika yang dipakai di Olimpiade London adalah buatan Tiongkok.

Kantor berita resmi Tiongkok mengecam anggota DPR Amerika yang mengeluh bahwa seragam atlet Amerika yang dipakai di Olimpiade London adalah buatan Tiongkok.

Kantor Berita Xinhua hari Senin menyebut kecaman Amerika atas seragam Olimpiade buatan Tiongkok adalah “munafik'' dan “tidak bertanggung jawab.''

Xinhua secara sinis menyarankan agar semua anggota DPR Amerika mungkin harus dilarang “mengenakan segala'' produk yang dibuat di luar negeri, sebuah pembatasan yang hampir mustahil dilakukan dalam perekonomian global saat ini.

Praktek outsourcing (alih daya) menjadi perhatian besar pekan ini ketika berbagai kantor berita Amerika menyoroti label "Made in China" pada jas, kaos dan celana merah putih biru yang akan dipakai oleh atlet-atlet Olimpiade Amerika dalam Olimpiade mendatang di London.

Ketua Fraksi Mayoritas di Senat Amerika Harry Reid mengatakan keputusan outsourcing itu "mutlak salah" pada saat buruh industri tekstil Amerika "kesulitan mencari kerja."

Kantor berita Xinhua juga merujuk pada pernyataan Senator AS Harry Reid, yang telah menyerukan agar seragam Olimpiade Amerika buatan Tiongkok itu seharusnya ditumpuk dan dibakar.

Xinhua mencemooh pernyataan Reid dengan menyatakan “jika ada yang harus dibakar, justru kemunafikan politik Amerika yang mesti dibakar.''

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG