Tautan-tautan Akses

Tiongkok Buka Situs Pencari Internet yang Dikontrol Pemerintah


Beijing meluncurkan mesin pencari internet sendiri yang dikontrol pemerintah di tengah makin populernya Google di Tiongkok.

Beijing meluncurkan mesin pencari internet sendiri yang dikontrol pemerintah di tengah makin populernya Google di Tiongkok.

Organisasi 'Reporters Without Borders' mengecam sistem sensor internet Tiongkok telah menjadi alat pengawasan politik.

Kantor berita Tiongkok memperkenalkan sebuah situs pencari internet yang baru yang dikatakan para pengecam memberi contoh mengenai besarnya sistem sensor internet oleh pemerintah Tiongkok.

Kantor berita Xinhua hari Selasa meluncurkan situs baru www.panguso.com, yang bekerjasama dengan perusahaan telepon milik pemerintah China Mobile.

Beberapa pencarian cepat dalam situs itu menunjukkan, situs itu dirancang untuk mengarahkan penggunanya langsung ke situs dan artikel-artikel yang mencerminkan pandangan pemerintah Tiongkok.

Dalam satu pencarian, pertanyaan atas berita tentang Dalai Lama umumnya menghasilkan kecaman terhadap pemimpin spiritual Tibet di pengasingan itu, yang dianggap Tiongkok sebagai seorang separatis yang berbahaya .

Menurut Xinhua pejabat kementrian Tiongkok mengatakan situs Panguso seharusnya menyediakan produk-produk sehat bagi pengguna internet, dan seharusnya ‘berupaya membatasi penyebaran informasi ilegal seperti pornografi dan kekerasan.

Organisasi media Reporters Without Borders mengatakan sistem sensor internet Tiongkok “telah menjadi alat pengawasan politik”. Organisasi itu mengatakan Tiongkok secara berkala memblok situs-situs yang dianggap subversif, dan menangkap para pembangkang yang menentang pemerintah di internet.

XS
SM
MD
LG