Tautan-tautan Akses

Tiongkok Bebaskan Artis Pembangkang Ai WeiWei


Artis pembangkang Ai Weiwei (kanan) disalami oleh seorang wartawan asing setelah pembebasannya di Beijing (22/6).

Artis pembangkang Ai Weiwei (kanan) disalami oleh seorang wartawan asing setelah pembebasannya di Beijing (22/6).

Ai WeiWei dibebaskan setelah mengakui bahwa ia menghindari pajak dan atas dasar alasan kesehatan karena menderita penyakit kronis.

Tiongkok telah membebaskan Ai WeiWei – seniman dan pembangkang yang dikenal internasional – setelah hampir tiga bulan dalam tahanan. Kantor berita Xinhua mengatakan ia dibebaskan setelah mengakui telah menghindari pajak dan karena menderita penyakit kronis.

Namun, berbeda dengan laporan Xinhua, Ai WeiWei mengatakan kepada stasiun televisi Inggris bahwa kesehatannya baik-baik saja. Syarat-syarat pembebasannya melarangnya memberikan keterangan apapun tentang keadaannya dalam tahanan.

Kanselor Jerman Angela Merkel menyebut pembebasannya sebagai langkah pertama membersihkan tuduhan terhadap dirinya. Amnesti Internasional mengatakan setelah Ai keluar dari tahanan, ia tidak boleh dikenai tahanan rumah seperti yang dikenakan pada banyak pembangkang Tiongkok lainnya.

Ai WeiWei yang karya-karyanya telah dipamerkan di seluruh dunia, ditahan awal April. Aktivis-aktivis HAM, rekan-rekan seniman dan sejumlah pemerintah asing – termasuk Amerika – menuntut pembebasannya. Mereka mengatakan Ai tidak melakukan kejahatan apapun, ia dipenjara karena pandangan politiknya.

Tiongkok telah menahan sejumlah besar pembangkang, aktivis HAM, pengacara dan lainnya dalam beberapa bulan terakhir. Tiongkok juga telah menekan media, termasuk wartawan asing dan internet. Para analis kawasan mengatakan Tiongkok sedang berupaya memastikan agar pergolakan rakyat di Timur Tengah tahun ini tidak meluas ke sana.

Aktivis-aktivis HAM mengatakan para pejabat Tiongkok sering menggunakan kejahatan-kejahatan ekonomi untuk membungkam pengecam pemerintah.

Perkembangan ini terjadi menjelang pertemuan diplomatik tingkat tinggi Amerika – Tiongkok di Hawaii hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG