Tautan-tautan Akses

Tiongkok Batalkan Pertemuan dengan Menteri Norwegia akibat Pertikaian Nobel


Menteri Perikanan Norwegia, Lisbeth Berg-Hansen.

Menteri Perikanan Norwegia, Lisbeth Berg-Hansen.

Pemerintah Tiongkok membatalkan pertemuan dengan Menteri Perikanan Norwegia karena pemberian Hadiah Nobel Perdamaian bagi Liu Xiaobo.

Pejabat Norwegia mengatakan pemerintah Tiongkok telah membatalkan pertemuan dengan Menteri Perikanan Norwegia karena pemberian Hadiah Nobel Perdamaian kepada pembangkang Tiongkok yang dipenjarakan Liu Xiaobo.

Menteri Perikanan Norwegia, Lisbeth Berg Hansen tiba di Tiongkok Senin untuk kunjungan selama seminggu ke World Expo di Shanghai. Ia dijadwalkan bertemu dengan wakil menteri perikanan Tiongkok pada Rabu untuk membahas perdagangan hasil laut antara kedua negara, tetapi pertemuan itu dibatalkan.

Ia mengatakan Norwegia tidak diberi penjelasan resmi tentang pembatalan itu, meskiun pejabat Norwegia sebelumnya mengatakan hal itu merupakan akibat dari keputusan komite Nobel.

Jumat Tiongkok mengecam keputusan komite Nobel, dan menyebut Liu seorang kriminal. Tiongkok memperingatkan bahwa hubungan antara kedua negara akan dirugikan apabila Liu diberi hadiah.

Penguasa Tiongkok menangkap Liu pada Desember 2008 dan menghukumnya 11 tahun penjara karena tuduhan subversi. Liu adalah penyusun Charter 08, sebuah petisi pro-demokrasi. Ia juga merupakan salah satu penyelenggara dari kegiatan berbaris di Tiananmen.

Sementara itu, istrinya, Liu Xia, mengatakan lewat Twitter bahwa ia telah dikenakan tahanan rumah di Beijing setelah melakukan perjalanan ke sebuah penjara di Tiongkok timur laut, di mana suaminya ditahan. Liu Xia mengunjungi suaminya untuk memberitahu tentang hadiah Nobel yang diterimanya.

XS
SM
MD
LG