Tautan-tautan Akses

Tiongkok, AS Saling Puji Hubungan yang Makin Erat


Pejabat teras Partai Komunis Tiongkok, Li Yuanchao mengatakan hubungan kedua negara sudah “kembali di jalur yang sehat.”

Pejabat Tiongkok dan Amerika saling memberi selamat sehubungan semakin eratnya hubungan antara kedua negara setelah terjadi kerenggangan sebelumnya tahun ini.

Seorang pejabat teras dari Partai Komunis Tiongkok, Li Yuanchao, mengatakan Senin, ada “beberapa gangguan” dalam hubungan kedua kekuatan itu, tetapi kini hubungan itu sudah “kembali di jalur yang sehat.”

Ia membuat komentar itu kepada dua pejabat Amerika, Deputi Penasihat Keamanan Nasional Thomas Donilon dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional Larry Summers, yang sedang mengunjungi Beijing untuk perundingan empat hari.

Summers mengatakan kepada pejabat Tiongkok bahwa Presiden Amerika Barack Obama menekankan betapa pentingnya “hubungan yang kuat” dengan Tiongkok dan juga lawatan mendatang dari Presiden Tiongkok Hu Jintao ke Amerika.

Summers mengatakan kedua negara bisa “mengambil manfaat dari pembicaraan terbuka” sehingga kedua kekuatan global ini bisa “saling memahami jalan fikiran masing-masing.”

XS
SM
MD
LG