Tautan-tautan Akses

Tiongkok akan Tindak Tegas Layanan Telepon Internet Gelap


Beijing masih membatasi lisensi telepon internet hanya kepada perusahaan milik pemerintah Tiongkok.

Beijing masih membatasi lisensi telepon internet hanya kepada perusahaan milik pemerintah Tiongkok.

Tiongkok memberikan lisensi hanya kepada dua perusahaan pemerintah untuk menawarkan jasa layanan telepon internet.

Tiongkok mengatakan pihaknya akan menindak berbagai penyedia layanan telepon internet ilegal, sebuah langkah yang dapat berdampak pada orang yang menggunakan layanan populer seperti Skype untuk menelpon dengan biaya murah di negara itu.

Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok mengumumkan tindakan keras itu dalam pemberitahuan singkat pada situsnya. Pengumuman itu tidak menjelaskan tindakan apa yang akan diambil terhadap penyedia layanan telepon internet ilegal atau bila pemberlakuan langkah itu akan diambil.

Tiongkok telah memberikan lisensi hanya kepada dua perusahaan untuk menawarkan panggilan telepon dengan menghubungkan komputer ke telepon. Kedua perusahaan itu adalah perusahaan milik pemerintah China Telecom dan China Unicom, yang kini menyediakan layanan di empat kota dalam tahap percobaan.

Seorang guru besar di Universitas Pos dan Telekomunikasi Beijing mengatakan tindakan keras itu tampaknya dimaksudkan untuk melindungi kepentingan komersial kedua perusahaan Tiongkok tadi dari persaingan dengan Skype, yang menawarkan tarif telepon lebih murah. Kan Kaili mengecam langkah pemerintah Tiongkok itu dengan mengatakan setiap larangan penggunaan Skype akan merugikan konsumen.

Skype belum memberikan komentarnya. Tidak jelas apakah tindakan keras itu akan berdampak pada panggilan telepon antar komputer yang merupakan layanan populer Skype lainnya.

XS
SM
MD
LG