Tautan-tautan Akses

Tiongkok akan Terus Imbau Perundingan 6 Pihak dengan Korea Utara


Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi mengimbau keenam pihak yang terlibat, agar kembali ke meja perundingan bersama Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi mengimbau keenam pihak yang terlibat, agar kembali ke meja perundingan bersama Korea Utara.

Menlu Yang Jiechi menyebut Tiongkok akan terus mendorong berlangsungnya perundingan darurat meskipun AS, Korea Selatan dan Jepang segan.

Tiongkok mengatakan pihaknya akan terus sabar dalam mengimbau Amerika dan para sekutunya agar bergabung dalam konsultasi enam pihak untuk mengurangi ketegangan di semenanjung Korea.

Kepada kantor berita pemerintah, Xinhua, Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi pada hari Minggu mengatakan Beijing akan terus mendorong diadakannya pembicaraan darurat bulan ini meskipun Amerika, Korea Selatan dan Jepang segan.

Para diplomat tinggi Amerika, Korea Selatan dan Jepang minggu kemarin bertemu di Washington dan bersama mengecam apa yang mereka sebut provokasi dan sikap berperang Korea Utara baru-baru ini.

Ketiga sekutu itu mengatakan Tiongkok memiliki peran penting untuk upaya diplomatik di masa depan. Tetapi, mereka menolak undangan Beijing untuk ikut dalam pembicaraan darurat dengan para pejabat Korea Utara, Tiongkok dan Rusia saat ini karena khawatir hal itu dilihat sebagai insentif atas perilaku Pyongyang yang mereka anggap buruk.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang mengatakan ketegangan akan mereda jika semua pihak “menunjukkan ketulusan” dan bekerja bersama.

XS
SM
MD
LG