Tautan-tautan Akses

Tiongkok Berencana Perluas Kontrol Internet


Warga Tiongkok menggunakan internet di kota Hefei, provinsi Anhui (foto: dok). Pemerintah Tiongkok berencana memperketat kontrol atas isi posting di internet.

Warga Tiongkok menggunakan internet di kota Hefei, provinsi Anhui (foto: dok). Pemerintah Tiongkok berencana memperketat kontrol atas isi posting di internet.

Pemerintah Tiongkok telah merilis daftar usulan amandemen bagi undang-undang internet yang dimaksudkan untuk memperluas kontrol atas posting di internet.

Jaringan sensor internet Tiongkok sedang mempertimbangkan untuk memperluas kontrol mereka atas apa yang diposkan di situs-situs mikroblog populer dan forum-forum online lainnya di negara itu.

Pemerintah, Kamis, merilis daftar perubahan yang diusulkan untuk undang-undang internet yang ditujukan untuk lebih menekan situs-situs media sosial agar menindak para pengguna yang memposkan komentar-komentar tanpa nama.

Tiongkok baru-baru ini meningkatkan kontrol internet dengan mengharuskan para penulis komentar di hampir semua layanan mikroblog di negara itu mencantumkan nama asli mereka. Namun dengan jumlah pengguna mikroblog yang diperkirakan mencapai 300 juta orang, kepatuhan terhadap peraturan itu sulit dikontrol.

Perubahan-perubahan yang diusulkan Kamis mencakup ancaman hukuman pidana dan pencabutan izin usaha bagi perusahaan-perusahaan yang tidak mematuhinya. Tiongkok juga memperluas peraturan mencantumkan nama asli bagi mereka yang memposkan informasi pada forum-forum dan blog-blog online.

Jaringan luas sensor internet, yang dikenal sebagai Great Firewall of China, telah berusaha untuk menerapkan batasan-batasan dalam beberapa bulan terakhir ini sementara transisi kepemimpinan Partai Komunis -- yang terjadi sekali setiap satu dekade -- semakin mendekat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG