Tautan-tautan Akses

Tiongkok Akan Keluarkan Anggaran Belanja Pertahanan 2 Kali Lipat Sebelum 2015


Seorang petugas memberikan signal di atas kapal induk USS Carl Vinson di Hongkong (Foto: dok).

Seorang petugas memberikan signal di atas kapal induk USS Carl Vinson di Hongkong (Foto: dok).

Sebuah laporan baru memprediksi Tiongkok akan mengeluarkan dana lebih banyak untuk pertahanan sebelum tahun 2015 daripada jumlah dana gabungan yang dikeluarkan oleh negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Hasil studi yang dipublikasikan hari Selasa oleh perusahaan keamanan IHS Jane’s mengatakan Tiongkok membelanjakan hampir 120 milyar dolar untuk pertahanan tahun lalu. Laporan itu mengatakan bahwa angka itu diperkirakan akan hampir dua kali lipat menjadi 238 milyar dolar sebelum tahun 2015, selagi Tiongkok memodernisasi jet-jet tempurnya dan peralatan militer lainnya.

Jumlah itu lebih empat kali jumlah yang diperkirakan Jepang akan dikeluarkannya untuk militernya. Jepang menduduki tempat kedua dalam jumlah anggaran yang dikeluarkannya untuk pertahanan.

Tiongkok terus meningkatkan anggaran militernya selagi produk domestik brutonya meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Tetapi laporan itu mengatakan anggaran militer Beijng diperkirakan akan bertumbuh pada tingkat yang lebih tinggi daripada produk domestik brutonya dalam masa tiga tahun mendatang.

XS
SM
MD
LG