Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tolak Halus Kunjungan Gates


Robert Gates membatalkan kunjungan ke Tiongkok karena Tiongkok mengatakan waktu kunjungan yang direncanakan itu kurang berkenan.

Para pejabat Amerika mengatakan Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates telah membatalkan rencananya berkunjung ke Tiongkok pekan ini, karena pemerintah Tiongkok mengatakan waktu kunjungan yang direncanakan itu “kurang berkenan."

Gates sebelumnya berharap dapat berkunjung ke Tiongkok untuk membahas kerjasama militer antara Amerika dan Tiongkok, Para pejabat Amerika tidak mengungkapkan alasan keraguan Tiongkok menerima kunjungan menteri pertahanan Amerika itu.

Pemerintah Tiongkok telah menunda pertukaran kunjungan militer tingkat tinggi dalam beberapa bulan terakhir, yang tampaknya merupakan sikap protes terhadap keputusan Washington Januari lalu untuk melakukan penjualan senjata besar-besaran ke Taiwan.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai provinsi yang berkhianat, yang harus disatukan kembali dengan Tiongkok, bahkan jika perlu, dengan kekerasan. Para pejabat Amerika mengatakan Taiwan memerlukan senjaat-senjata terbaru untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya.

Gates dijadwalkan meninggalkan Washington Rabu ini untuk melangsungkan lawatan internasional. Ia pertamakali akan singgah di Singapura untuk mengikuti konperensi keamanan regional.

XS
SM
MD
LG