Tautan-tautan Akses

Tingkat Pengangguran Zona Euro Capai Rekor 12 Persen


Warga Yunani yang baru saja kena PHK antri untuk mendapat tunjangan pengangguran di Athena (foto: dok). Pengangguran di Yunani mencapai lebih dari 25 persen dari seluruh tenaga kerja.

Warga Yunani yang baru saja kena PHK antri untuk mendapat tunjangan pengangguran di Athena (foto: dok). Pengangguran di Yunani mencapai lebih dari 25 persen dari seluruh tenaga kerja.

Tingkat pengangguran di 17 negara anggota blok pengguna mata uang euro mencapai 12 persen untuk pertama kalinya.

Kantor statistik Uni Eropa, Eurostat, Selasa menyatakan, angka tersebut merupakan tingkat pengangguran pada Januari dan Februari. Secara keseluruhan, Eurostat memperkirakan lebih dari 19 juta orang menganggur di zona euro.

Suatu survei terpisah menyebutkan laju pertumbuhan di sektor perpabrikan terus menurun di Eropa, dengan berkurangnya tenaga kerja di sektor itu selama 14 bulan berturut-turut.

Laporan pasar tenaga kerja terbaru itu terus memperlihatkan perbedaan lebar dalam tingkat pengangguran di zona euro. Lebih dari seperempat tenaga kerja menganggur di Spanyol dan Yunani, sedang di Jerman, ekonomi terbesar Eropa, hanya 5.4 persen yang menganggur.

Zona euro terus berupaya keras untuk pulih dari krisis utang pemerintah yang telah berlangsung tiga tahun. Pekan lalu, negara-negara zona euro, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional menyetujui dana talangan 13 miliar dolar untuk Siprus, negara ke-lima yang memerlukan dana miliaran dolar untuk menyelamatkan ekonominya.

Siprus adalah salah satu negara terkecil di zona euro. Tetapi dana talangan tersebut diperkirakan menimbulkan dampak negatif yang sangat besar terhadap ekonominya, terutama statusnya sebagai pusat perbankan yang berusaha menarik dana dalam jumlah besar dari investor asing yang menginginkan bunga tinggi dan regulasi yang longgar.
XS
SM
MD
LG