Tautan-tautan Akses

Tingkat Pengangguran Turun, tapi Sektor Tenaga Kerja Memburuk

  • Jimmy Manan

Angka pengangguran nasional di Amerika turun tipis menjadi 9,5 persen, karena banyak warga Amerika yang sudah putus asa mencari kerja.

Laporan bulanan Departemen Tenaga Kerja Amerika terbaru menunjukkan ekonomi Amerika kehilangan lebih banyak lapangan pekerjaan bulan lalu, dengan selisih neto antara pekerjaan yang tercipta dan yang lenyap, sebesar 125.000 lapangan pekerjaan. Ini adalah untuk pertama kalinya tahun ini jumlah lapangan kerja yang tercipta lebih sedikit dibandingkan jumlah PHK.

Meskipun demikian, tingkat pengangguran masih menurun sedikit pada Juni, turun nol koma dua persen menjadi 9,5 persen. Tapi ini juga bukan kabar baik, karena tak kurang dari 652.000 warga Amerika sudah menyerah dalam mencari pekerjaan, karena tak kunjung mendapat pekerjaan setelah berbulan-bulan lalu terkena PHK di tengah melorotnya ekonomi.

Sektor swasta menambah lebih dari 80.000 pekerja dalam daftar gaji mereka bulan lalu, lebih baik dari sebulan sebelumnya, tetapi tidak cukup untuk mengimbangi hilangnya lebih dari 200.000 pekerjaan temporer sebagai petugas sensus.

Dalam sidang dengar ekonomi menjelang akhir pekan lalu, Komisaris Keith Hall dari Biro Statistik Perburuhan mencoba menempatkan angka-angka ini ke dalam sebuah perspektif.

"Meskipun pertumbuhan lapangan pekerjaan sektor swasta tidak kuat, ini masih mencerminkan pertumbuhan," ujar Hall. Hall menambahkan pertumbuhan tersebut telah terjadi selama enam bulan berturut-turut, dan dalam konteks demikian, menjadi pertanda yang positif.

Lambannya laju pemulihan ekonomi merupakan berita buruk untuk lebih dari satu juta warga Amerika yang tidak akan menerima lagi tunjangan pengangguran, karena Kongres istirahat untuk liburan hari Kemerdekaan 4 Juli lalu tanpa memperpanjang bantuan federal.

Pihak Demokrat di Kongres akan berusaha memperpanjang tunjangan pengangguran ini setelah pengganti Senator Demokrat dari West Virginia Robert Byrd, yang meninggal dunia baru-baru ini, terpilih.

Sebelum pergi menghadiri upacara penguburan senator ini, Presiden Barack Obama mengumumkan proyek-proyek stimulus baru guan memasang akses Internet broadband ke daerah pedesaan Amerika.

"Dalam jangka pendek, kita berharap proyek-proyek ini akan menciptakan sekitar 5.000 lapangan pekerjaan di sektor konstruksi dan instalasi di seluruh negara. Dan setelah kita berhasil keluar dari krisis ini, keuntungan ekonomi jangka panjangnya untuk masyarakat, yang kini tertinggal dalam abad digital ini, luar biasa besarnya," ujar Obama dalam pidatonya.

Hampir 15 juta warga Amerika kini menganggur. Kalau mereka yang sudah berhenti mencari pekerjaan dan mereka yang bekerja paruh waktu ikut dihitung, maka tingkat pengangguran Amerika berada pada tingkat yang jauh lebih tinggi lagi.

XS
SM
MD
LG