Tautan-tautan Akses

AS

Tingkat Pengangguran di AS Capai yang Terendah dalam 5 tahun


Statistik tingkat pengangguran di Amerika yang menurun sejak tahun 2010. Saat ini tingkat pengangguran di AS mencapai titik terendah.

Statistik tingkat pengangguran di Amerika yang menurun sejak tahun 2010. Saat ini tingkat pengangguran di AS mencapai titik terendah.

Tingkat pengangguran di Amerika merosot tajam pada bulan Desember menjadi 6,7 persen, yang terendah dalam lima tahun lebih, tetapi para pengusaha hanya merekrut 74 ribu pegawai baru.

Pemerintah hari Jumat menyatakan bahwa tingkat pengangguran merosot dari 7 persen pada bulan November. Namun, kepala badan statistik ketenagakerjaan Amerika, Erica Groshen, mengatakan, dua pertiga dari penurunan tingkat pengangguran itu disebabkan oleh para pekerja yang berhenti mencari pekerjaan baru, dan karena itu pemerintah tidak menganggap mereka sebagai pengangguran.

Ia memberitahu sebuah panel ekonomi di Kongres bahwa alasan bagi merosotnya tingkat pengangguran merupakan isyarat mengkhawatirkan bagi ekonomi Amerika.

Tingkat pengangguran Amerika di atas 7 persen sejak tanda-tanda pertama resesi mendalam pada akhir 2008, tetapi turun 1,2 persen sejak tahun 2013.

Para ekonom sebelumnya memprediksi bahwa pasar tenaga kerja akan menambah 191 ribu pekerja baru bulan lalu, setelah rekrutmen besar-besaran pada Oktober dan November. Tetapi sedikitnya jumlah pekerja baru mengisyaratkan bahwa ekonomi Amerika melamban pada pekan-pekan terakhir tahun 2013.

Ekonomi Amerika selama ini terus mengalami kemajuan, meskipun tidak merata, selama beberapa bulan belakangan.

Janet Yellen, yang bulan depan akan mulai menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika, mengatakan, para pembuat kebijakan berharap ekonomi Amerika akan meningkat menjadi 3 persen atau lebih tahun ini. Ini merupakan kenaikan dari angka 2,6 persen yang tercatat selama sembilan bulan pertama tahun 2013.

Selama setahun lebih, Bank Sentral membeli sekuritas atau surat-surat berharga berjumlah 85 miliar dolar per bulan untuk mengalirkan lebih banyak uang ke dalam ekonomi dalam upaya meningkatkan pertumbuhan lapangan kerja dan mempertahankan suku bunga rendah. Tetapi sekarang, sementara upaya pemulihan dari resesi mulai mengalami kemajuan, bank sentral telah mulai memangkas bantuan langsungnya ke ekonomi. Bank sentral mengurangi pembelian sekuritas bulan ini menjadi 75 miliar dolar, dan akan mengakhiri program ini selambatnya akhir 2014.

Meskipun ekonomi mulai membaik, 10,4 juta pekerja masih menganggur, kebanyakan di antara mereka telah lama tidak bekerja. Presiden Amerika Barack Obama dan legislator dari Partai Republik di Kongres masih berselisih pendapat mengenai apakah akan memperpanjang tunjangan bagi mereka yang telah lama menganggur. Sekitar 1,3 juta pekerja kehilangan tunjangan mereka pada akhir Desember, dan lebih banyak lagi yang akan bernasib serupa dalam beberapa bulan mendatang.
XS
SM
MD
LG