Tautan-tautan Akses

Tingkat Pengangguran AS Tetap 5 Persen


Suasana pameran untuk pencari kerja di Pittsburgh, Pennsylvania, 30 Maret 2016 (Foto: dok).

Suasana pameran untuk pencari kerja di Pittsburgh, Pennsylvania, 30 Maret 2016 (Foto: dok).

Lapangan kerja bertambah di sektor layanan bisnis, kesehatan, konstruksi dan kegiatan keuangan. Pekerjaan berkurang di sektor ritel dan pertambangan, termasuk sektor minyak yang telah terpukul oleh jatuhnya harga komoditas.

Perkonomian AS menambah 160.000 pekerjaan pada bulan April, sementara tingkat pengangguran stabil di lima persen. Laporan Departement Tenaga Kerja, hari Jumat (6/5) in,i lebih lemah daripada ramalan sebagian besar ekonom.

Lapangan kerja bertambah di sektor layanan bisnis, kesehatan, konstruksi dan kegiatan keuangan. Pekerjaan berkurang di sektor ritel dan pertambangan, termasuk sektor minyak yang telah terpukul oleh jatuhnya harga komoditas. Data menunjukkan jumlah pengangguran berubah sedikit menjadi 7,9 juta.

Meskipun lebih sedikit lapangan kerja ditambahkan pada bulan April, kenaikan upah membaik, dengan penghasilan per jam sektor sektor meningkat delapan sen.

Sementara tingkat pengangguran tetap tidak berubah pada lima persen, sejumlah orang keluar dari angkatan kerja. Partisipasi angkatan kerja April turun 0,2 persen dari bulan sebelumnya.

Perekrutan yang tetap lambat bisa mengganggu rencana pembuat kebijakan bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Menyusul beberapa data ekonomi yang lemah, "angka-angka yang mengecewakan ini sangat mengurangi kemungkinan bank sentral menaikkan suku bunga selama masa pemilihan presiden,'' kata Chris Williamson, kepala ekonom Markit. [as/uh]

XS
SM
MD
LG