Tautan-tautan Akses

AS

Tingkat Pengangguran AS Terendah Sejak 2008


Anthony Zingale memasang kabel motor blender di pabrik Vitamix di Strongsville, Ohio. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan tingkat pengangguran pada bulan Agustus sebesar 5,1 persen, terendah selama tujuh tahun terakhir.

Anthony Zingale memasang kabel motor blender di pabrik Vitamix di Strongsville, Ohio. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan tingkat pengangguran pada bulan Agustus sebesar 5,1 persen, terendah selama tujuh tahun terakhir.

Tingkat pengangguran AS menurut ke tingkat terendah dalam 7,5 tahun terakhir pada bulan Agustus, namun pertumbuhan lapangan kerja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dan memberikan sinyal yang tidak pasti tentang ekonomi sementara warga Amerika bersiap-siap menyambut Hari Buruh, Senin (7/9).

Laporan hari Jumat (4/9) dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan tingkat penggangguran sebesar 5,1 persen, turun 0,2 persen dari bulan sebelumnya, yang artinya sekitar delapan juta orang yang mencari pekerjaan tetap belum mendapatkan pekerjaan. Laporan tersebut juga mengatakan ekonomi AS telah menyediakan 173.000 lapangan kerja, kurang dari apa yang diperkirakan ahli ekonomi sebelumnya.

Laporan tersebut menyebutkan sektor layanan kesehatan dan layanan keuangan menyediakan lapangan kerja, sementara pertambangan dan manufaktur mengurangi lapangan pekerjaan.

Penggangguran AS, Agustus 2015

Penggangguran AS, Agustus 2015

Laporan ini memberikan data-data penting yang akan digunakan oleh para pemimpin bank sentral AS untuk memutuskan kapan dan seberapa banyak tingkat suku bunga akan ditetapkan, yang berada pada rekor terendah sejak 2008, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi selama krisis ekonomi.

Bank Sentral mencoba menangani ekonomi agar lapangan pekerjaan tercipta dan harga-harga tetap stabil.

Tingkat pengangguran yang menurun bisa menjadi bukti bahwa ekonomi yang sedang pulih tidak lagi membutuhkan dorongan dari tingkat suku bunga yang rendah. Namun ketersediaan lapangan pekerjaan yang mengecewakan juga mungkin bisa mendukung argumen agar menunda kenaikan suku bunga untuk sementara.

Ahli ekonomi Mark Hamrick dari Bankrate.com mengatakan laporan tingkat pengangguran baru tidak memberikan petunjuk jelas bagi pemimpin bank sentral yang akan bertemu akhir bulan ini untuk mempertimbangkan tingkat suku bunga. Bankrate.com melakukan riset ekonomi untuk industri keuangan dan fokus pada tingkat suku bunga dan perubahan ekonomi yang mempengaruhinya.

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Jason Furman, mengatakan ekonomi telah menghasilkan lapangan kerja sebanyak delapan juta selama tiga tahun terakhir, tapi memperingatkan bahwa bisa saja mengalami "headwinds," masalah yang bisa merugikan pertumbuhan, dari ekonomi global.

Para pengamat dari PNC Bank menyebut laporan ini sebagai laporan yang "kuat" terkait pasar tenaga kerja AS, tapi menambahkan bahwa keputusan bank sentral tentang tingkat suku bunga akan dibuat di saat-saat terakhir.

XS
SM
MD
LG